SDM Minim, Potensi Laut NTB Belum Maksimal Dikelola


Pulau Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) mempunyai potensi Sumber Daya Alam (SDA) kelautan yang tidak kalah dengan provinsi lain di Indonesia. Hanya saja potensi itu belum dikelola secara maksimal, karena keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin, saat membuka acara Seminar Nasional 1st Indonesian Geography Student Summit (IGSS) 2016 di gedung Sangkareang.

"Potensi sumber daya pesisir dan laut NTB sendiri sangat melimpah. Sebagai salah satu provinsi kepulauan dengan potensi perikanan sekitar 102.804 ton setiap tahun, terdiri dari perairan pantai sebesar 67.906 ton pertahun, perairan lepas pantai 61.957 ton pertahun dan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) sebesar 298.576 ton pertahun" kata Amin, Kamis (28/4/2016).

Dikatakan, luas perairan laut NTB sendiri mencapai 29.159,04 Km persegi, dengan panjang pantai 2.333 Km persegi dan perairan karang sekitar 3.601 Km persegi.

Amin  berkeyakinan,  bila semua potensi mampu dikelola secara maksimal,ini akan mampu mensejahterakan masyararakat.

"Namun harus diakui memang, dari sisi ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) dimiliki NTB dalam pengelolaan berbagai potensi yang ada, terutama kekayaan lautan masih sangat minim," ungkapnya.

Karena itulah, kata Amin, melalui seminar Geomaritim, peran kreatif dan inovatif mahasiswa dalam mewujudkan Indonesia Negara Maritim, yang diselenggarakan Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMAHAGI) XIV akan bisa melahirkan gagasan dan SDM memadai bidang kemaritiman di NTB.

Sumber: cendananews
Previous
Next Post »