Melihat Potensi Pemuda NTB Dari Segi Pandang Positif


Bercermin dari pulau Bali yang lebih dikenal dengan pulau dewata, salah satu pulau wisata di tanah air ini,  kekayaan alam dan budaya serta nilai religius yang kental membuat seolah pulau ini sangat dekat dengan hal-hal magis. Selain keindahan alam yang dimilikinya, hal ini menjadikan pulau bali menjadi salah satu  pulau wisata paling terkemuka di dunia. Hal ini juga diimbangi dengan kualitas sumber daya manusia (SDM)  masyaraktnya sehingga menjadi kombinasi apik untuk memacu perkembangan pariwisatanya sampai bertaraf internasional. Dalam hal ini industri wisata bertindak sebagai pemicu yang menjadikan masyarakat menjadi mau belajar. Terutama dalam kaitannya dengan penguasaan bahasa asing. Maka jangan heran jika anak-anak di bali sudah merasa tidak asing lagi berbahasa asing. Bahasa Inggris bagi mereka sudah mejnadi bahasa ketiga setelah bahasa indonesia, dan bahasa bali.

Dimanapun dia berada anak-anak Indonesia sejatinya memiliki potensi yang sama. Tanpa mengenal batasan wilayah, suku maupun ras. Mereka adalah harapan besar yang kelak diharapkan bisa mengukir nama indonesia di mata dunia internasional. Ketika kita berbicara mengenai lintas negara maka salah satu kebutuhan mendasarnya adalah penguasaan bahasa asing. Karena hanya dengan bahasalah suatu karya bisa dikomunikasikan, kemudian diketahui dan dihargai sebagai suatu karya yang bermanfaat untuk kemaslahatan manusia.

Salah satu contoh yang paling baik adalah Negara India. Mereka menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa kedua. Hal ini sangat membantu warga negara mereka untuk mampu berkarir secara internasional. Penguasaan bahasa asing (Inggris) menempatkan tenaga-tenaga kerja india sering kali satu level diatas warga negara lain, sebut saja Indonesia, cina, thailand, Sekali lagi hal ini di karenakan kemampuan bahasa asing mereka bener-benar terdidik dan mampan.

Salah satu upaya strategis untuk mengejar ketertinggalan indonesia dalam hal penguasaan bahasa asing teritama bahasa inggris adalah melalui jalur pendidikan. Sistem dan kurikulum pendidikan harus memihak kepada peningkatan penguasaan bahasa asing disamping bahasa indonesia yang sudah menjadi keharusan. Meskipun saat ini Indonesia secara umum masih dihadapkan pada permasalahan-permasalahan paling mendasar sekalipun, rendahnya kemampuan dan tingkat membaca masyarakat, rendahnya tingkat kesejahteraan. Kesemua ini tentu saja memerlukan waktu agar dapat diselesaikan dengan baik. Posisi pendidikan bisa dijadikan sebagai ekskalator mampu memainkan aktor penting dalam tumbuh kembangnya bangsa ini.

Lombok, atau lebih universalnya NTB merupakan pulau yang mempunyai kekayaan alam dan budaya serta potensi wisata dan kekayaan alam lainnya yang sebenarnya tidak kalah dengan bali. Hal ini seharusnya mampu mengatarkan masyarakat lombok menjadi masyarakat yang maju dan berdikari. Namun potensi dalam penguasaan bahasa asing masih merupakan pintu kendala untuk terjun lasung dalam pasar wisata nasional dan internasional. Disamping itu sampai saat ini masyarakat NTB juga masih berjuang lepas dari jeratan rendahnya IPM. Potensi pemuda harus di kerahkan untuk dapat menunjang pemasaran pontensi daerah sehingga paling tidak mampu dipasarkan pada skala nasional. Ke depan diharapkan bisa berjenjang  sehingga mengantarkan NTB masuk dalam kelas sekala internasional, seperti Bali.

Sumber: sasak
Foto: koremwirabhakti
Previous
Next Post »